Apa Itu Desain Grafis? Perbedaan Desain dan Seni


Apa Itu Desain Grafis? Perbedaan Desain dan Seni - Sahabat Apock Design dalam kehidupan sehari-hari pasti sering menjumpai berbagai macam bentuk desain, baik itu saat di jalan, di kampus, di sekolah, di tempat kerja, bahkan dirumah. media nya pun beragam seperti di jalan kita melihat baliho dan banner yang kadang terlihat unik, kemudian ketika di rumah atau kantor kita melihat desain kemasan suatu produk yang unik, di suatu pameran pun kita menjumpai hal serupa.

Namun kita sering bingung bahkan menganggap Desain dan Seni itu hal yang sama. padahal ada sedikit perbedaan antara Desain dan Seni. nah apa sih perbedaan Desain dan Seni? dan apa yang disebut Desain Grafis?

Nah Berikut perbedaan Seni dan Desain :

Dari gambar diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa Seni adalah suatu keahlian untuk membuat karya yang halus dan indah namun cukup untuk dinikmati estetika / keindahannya saja.
sedangkan Desain merupakan problem solver atau pemecahan masalah yang berupa karya, dan memudahkan manusia untuk mengerjakan sesuatu.

Sekarang kita masuk ke pengertian Desain Grafis.
Menurut Arief Adityawan S, "Desain Grafis adalah proses merancang, menggambar atau bentuk-bentuk visual dwimatra (dua dimensi) untuk kepentingan proses komunikasi yang fungsional dan efektif. 
kemampuan untuk menerjemahkan ide dan konsep menjadi bentuk visual yang berfungsi sebagai sarana komunikasi".
Sementara dari Wikipedia : Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Nah, sahabat Apock Design dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa point penting dari Desain Grafis adalah bagaimana kita Mengkomunikasikan informasi/pesan melalui Desain dan media nya agar informasi/pesan dapat diterima dengan mudah.

berikut beberapa contoh aplikasi desain grafis dalam kehidupan sehari-hari :
Desain Poster

Desain baliho/banner
Sekian tentang Apa Itu Desain Grafis? Perbedaan Desain dan Seni semoga bermanfaat

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel