5 Skill Dasar Desain Grafis yang harus kamu tau


5 Skill Dasar Desain Grafis yang harus kamu tau - Sahabat Apock Design Apakah kamu mau kuliah Jurusan Desain Grafis? atau penasaran apa aja yang dipelajari selama kuliah Desain Grafis? Sebelum lebih lanjut mengenal mata kuliah desain grafis atau biasa disebut Desain Komunikasi Visual lebih baik dilihat dahulu sebenarnya kamu punya 5 skill dasar desain grafis atau tidak, karena sangat berpengaruh dalam perjalanan selama kuliah di jurusan Desain Grafis.

Apa saja sih 5 skill dasar Desain Grafis tersebut? berikut penjelasannya

1. Sketch/Sketsa
ilustrasi sketsa | https://img.sukawu.com/
Sketsa adalah gambar atau lukisan pendahuluan yang kasar ringan, semata-mata garis dasar atau belum selesai. Kadang kala sketsa hanya digunakan sebagai pembantu untuk pengingat saja. Sketsa atau sket (sketch) secara umum dikenal sebagai bagan atau rencana untuk sebuah lukisan. Dalam pengertian tersebut, sketsa lebih merupakan gambar kasar dan bersifat sementara, baik di atas media kertas atau media kanvas dengan tujuan untuk dikerjakan lebih lanjut menjadi sebuah lukisan.

Dalam jurusan desain grafis sketsa sangat diperlukan sebagai dasar membuat ilustrasi yang nantinya akan dikembangkan menjadi berbagai macam model, seperti poster, logo, animasi, dll.

2. Fotografi
ilustrasi fotografi | https://www.jurnalweb.com
“Fotografi berasal dari kata foto dan grafi yang masing-masing kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut: foto artinya cahaya dan grafi artinya menulis jadi arti fotografi secara keseluruhan adalah menulis dengan bantuan cahaya, atau lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya.” (Amir Hamzah Sulaeman)

Secara garis besar, arti fotografi adalah suatu proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Fotografi juga merupakan gambar, foto merupakan alat visual efektif yang dapat memvisualkan sesuatu lebih konkrit dan akurat, dapat mengatasi ruang dan waktu.

Dalam mata kuliah desain grafis, Fotografi juga berguna sebagai ilustrasi yang nantinya akan digunakan untuk bahan desain. kalau Sahabat Apock Design yang mau kuliah desain grafis dan belum punya skill fotografi, tenang nanti akan di pelajari waktu perkuliahan. hehe

3. Design Fundamentals
Design Fundamentals | https://idseducation.com

Selain sketsa, ada juga sebagai Sense seorang desainer yaitu prinsip-prinsip dasar Desain atau Design Fundamentals, seperti elemen dan prinsip desain. Mempelajari elemen desain, seperti titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna menjadi materi pertama yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang prinsip desain  seperti keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme, penekanan (emphasis), proporsi, kontras, repitisi, dan unity (kesatuan). Mengapa seorang desainer grafis perlu mempelajari dasar-dasar dalam desain grafis? Tujuannya, agar mampu merancang suatu desain yang berkualitas, menarik dan berguna untuk memvisualisasikan ide atau memecahkan masalah tertentu.

4. Tipografi
Ilustrasi Typografi
Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Penataan huruf juga merupakan dasar seorang desainer grafis, dimana sangat penting untuk penempatan bacaan informasi sebuah desain selain pada letak gambar/ilustrasinya, agar suatu desain dapat dikomunikasikan dengan baik pada pembaca / penerima informasi.

5. Motivasi

Nah ini yang paling penting buat calon mahasiswa desain grafis yaitu motivasi tinggi untuk kuliah di jurusan desain grafis, karena saat kuliah desain kamu akan dituntut untuk selalu membuat ide-ide kreatif di setiap tugas dan harus bisa membagi waktu dengan baik.

dan yang terpenting adalah sebuah tekad untuk sukses di bidang desain, karena setiap desainer hebat dimulai dari seorang Mahasiswa yang terus belajar.

Sekian sahabat Apock Design semoga ~memberi manfaat, bukan memanfaatkan~

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel