Istilah Tipografi dalam dunia desain, Apa itu?

Istilah Tipografi dalam dunia desain | source: google

Istilah Tipografi dalam dunia desain, Apa itu? - Tipografi adalah seni dan ilmu tentang pengaturan huruf dan karakter untuk membuat teks mudah dibaca dan menarik secara visual. Tipografi meliputi pemilihan jenis huruf (font), ukuran huruf, jarak antara huruf, pengaturan teks di dalam sebuah layout atau komposisi, serta warna teks.

Tujuan utama Tipografi dalam dunia desain adalah membuat teks mudah dibaca, menarik, dan mengkomunikasikan pesan dengan jelas. Tipografi juga dapat mempengaruhi suasana dan emosi yang ingin disampaikan dalam sebuah desain.

Baca Juga : Apa Pengertian Line Art dan Kegunaannya

Seorang desainer grafis perlu mempelajari dasar-dasar Tipografi dalam dunia desain untuk memastikan desainnya memiliki tampilan yang baik dan mudah dibaca. Beberapa prinsip dasar Tipografi dalam dunia desain termasuk pemilihan font yang sesuai dengan konteks desain, pemilihan ukuran dan spasi antar huruf yang tepat, serta pemilihan warna yang sesuai untuk membantu memperjelas pesan yang ingin disampaikan.

Beberapa Teknik dalam Tipografi 

TEKNIK MEMANFAATKAN “RUANG”TERTENTU PADA FONT UTAMA

Bagian yang berwarna merah adalah ruang yang didapat dengan adanya perbedaan bagian atas (ascender) dan bawah (descender) huruf utama.

Tipografi diatas adalah contoh pemanfaatan ruang kosong pada huruf utama untuk menempatkan huruf lain yang lebih cocok

TEKNIK PENGGABUNGAN HURUF DENGAN KARAKTERISTIK TEBAL DAN TIPIS

Kata fly dan sky dengan font tebal dan kata to the menggunakan font tipis
Huruf D dengan Font tebal ditambah dengan shape begroundnya berwarna hitam (kontras dengan font yang berwarna putih) kata unggulan menggunakan font tipis memberikan nuansa elegan pada tipografi di atas

TEKNIK KOMBINASI HURUF DENGAN BENTUK TERTENTU (SHAPE)
Tulisan Shape (berwarna putih) dengan diberikan sebuah beground setengah lingkaran (berwarna hitam) menghasilkan sebuah kombinasi yang estetis.

TEKNIK TRANSFORMASI ANGKA UNTUK DIJADIKAN TIPOGRAFI HURUF
Di atas adalah prinsip dasar angka yang dapat dijadikan sebagai huruf.

TEKNIK PENGGUNAAN WARNA YANG BERBEDA PADA HURUF
Dengan pewarnaan yang berbeda meskipun tanpa penggunaan spasi dua kata yang dijadikan tipografi (untuk logo misalnya) akan dapat terbaca
Perwarnaan yang berbeda juga dapat menjadi pemisah sebuah kata yang ambigu (memiliki 2 makna). Pada tulisan redevil, warna merah memisahkan kata “RED” dan “evil” bukan “re-devil”

Penggunaan tipografi yang tepat sangat penting dalam desain grafis, karena dapat mempengaruhi bagaimana pesan atau informasi disampaikan dan diterima oleh audiens. itulah sedikit tentang Istilah Tipografi dalam dunia desain Semoga bermanfaat.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel