google-site-verification: google66af23cbba8d2856.html OUT OF THE BOX !!! Kreativitas Pemuda Indonesia Ini Bikin Melongo - Apock Design

OUT OF THE BOX !!! Kreativitas Pemuda Indonesia Ini Bikin Melongo

Di Era Industri Digital ini, yang setiap harinya akan terupdate berbagai macam macam bentuk digital elektronik,  mulai dari peralatan televisi, gadget, interior dll. Sebagaimana sekarang pekerjaan sumber daya manusia lama lama akan tergantikan oleh peran robot, robot yang pasti ciptaan oleh industri digital. Maka dari itu sepatutnya kreativitas Sumber daya manusia jangan sampai mati. Kembangkan kreativitasmu, berikut beberapa kreativitas pemuda Indonesia yang akan menginspirasimu

 OUT OF THE BOX !!! Kreativitas Pemuda Indonesia Ini Bikin Melongo  - Out Of The Box  adalah kreativitas yang diluar dari kotak, diluar dari biasanya. Kreativitas yang diluar perkiraan, tidak monoton dan pastinya menakjubkan. 

1. Kardus Bekas Bernilai Tinggi

twitter.com
"Dus Duk Duk" nama yang lagi naik daun didunia kreativitas Indonesia. Bagaimana tidak kardus yang dulunya pasti dianggap rongsokan / sampah. Kini menjadi hadiah menarik dengan omzet jutaan. Ditangan pemuda bernama Angger dan Arif Wiranata, dua anak lulusan dari kampus ITS Surabaya.

Melalui kreativitasnya dua pemuda ini menyulap kardus menjadi bahan dasar pembuatan lemari pajang, boneka, bingkai foto dan produk lainnya. Berawal dari memproduksi kursi akhirnya Angger dan Arif ini sepakat untuk menamai produknya "Dus Duk Duk" yang artinya Kerdus untuk duduk. khusus untuk produk furnitur, dus duk duk mematok harga mulai dari Rp.375.000 dan bingkai foto mulai dari Rp.115.000. Berawal dari tugas dasar desain tahun 2013 usaha ini berkembang hingga sekarang dan berbagai penghargaan dalam negeri atau luar negeri disabet oleh dus duk duk. 

Sukses terus untuk dus duk duk ya, kawan kawan gimana nih, jangan sia siakan kardus dirumahmu ya, siapa tau jadi kursi. Kan lumayan, heheheh.


2. Kerajinan Dari Limbah Daun Kering


http://biologipedia.blogspot.com

Nurus Soba dan Erwan asal Cinere, Jawa Barat. Persahabatan yang berujung mitra kerja, menyulap daun kering menjadi penghasilan yang lumayan guys. Sejak dua tahun silam mampu menyedot puluhan tenaga kerja.

Usaha yang dilakukan Nurus dan Erwan adalah membuat berbagai souvenir. Mulai dari produk terkecil berupa cepu untuk tempat tusuk gigi hingga ukuran terbesar berbentuk frame 14 R. Selain itu mereka juga memproduksi kerajinan lain yang tak kalah unik dan menarik, seperti tempat pena, kotak kartu nama, serta miniatur becak dan Monumen Nasional. 

Berbekal modal awal sebesar Rp 15 juta, kini puluhan produk kerajinan tangan telah mereka pasarkan. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 15.500 hingga Rp 300 ribu, sesuai kesepakatan harga dengan pemesannya. 

Bahan baku untuk kerajinan ini biasanya dari limbah daun ketapang, daun rambutan, daun nangka, atau daun-daun yang ada tulangnya. Terkadang dipakai juga bahan dari gandum, biji-bijian, akar, atau kuningan. "Bahan-bahan itu biasanya gampang didapat dari dekat rumah. Tapi kita juga sering survei mencari daun yang kelihatan bagus. Kalau ada yang bagus dan unik kita ambil," kata Nurus. Ditambahkan Nurus, membuat kerajinan ini sangat mudah. Siapapun bisa membuatnya asal mengerti. 

Saat ini, dibantu 10 orang karyawan tetap dan 15 pekerja paruh waktu, Nurus setiap bulan mampu menghasilkan sekitar 2.500 pieces produk. Meski masih duduk di bangku kuliah, anak kedua dari empat bersaudara ini mampu memasarkan produknya dengan baik. Caranya bisa melalui informasi dari mulut ke mulut atau mengikuti pameran kerajinan di Ibu Kota. Sementara soal kreativitas dia percayakan kepada Erwan yang memiliki pengalaman bekerja di perusahaan sejenis.

Sejauh ini mereka mengaku tidak menemui kendala yang berarti. Bahkan, penghasilan yang diperoleh cukup menjanjikan, yakni sekitar Rp 15 juta sampai Rp 17 juta per bulan. "Walaupun usaha kerajinan sekarang agak lesu, aku optimistis banget pasti bisa. Karena kita bukan hanya menjual produknya saja, tapi menjual keunikan dengan desain-desainnya," kata Nurus. 

Dilansir dari : https://www.liputan6.com/news

Kerajinan Tangan/Souvenir dari Limbah Daun Kering 
Nurus: 0817 08 23337 
08568582580 
Telepon: (021) 7665402


3. Pelepah Pisang Jadi Lukisan

inspirasiwirausahasukses.wordpress.com

Pelepah daun pisang yang notabene tidak berguna atau tidak terlalu penting ini di sulap sebagai souvenir unik dengan daya jual mahal. Usut punya usut sebenarnya pembuatan pelepah pisang menjadi lukisan ini sangatlah mudah. Kita cukup untuk mencari pelepah daun pisang yang benar benar kering atau bisa kita simpan di rumah kita. Beberapa perlengkapan seperti bahan baku pelepah pisang yang sudah kering, triplek yang akan digunakan sebagai alas, frame, cat bening, gunting, dan lem. Jangan lupa lemnya pakai lem FOX aja.

 Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu pola gambar yang akan dibuat, setelah itu gunting dan tempelkan pelepah pisang sesuai pola yang dibentuk pada media. Setelah itu oles dengan cat bening dan keringkan. Langkah terakhir adalah dengan memasang frame untuk mempercantik tampilan.

Al hasil pelepah pisangmu menjadi souvenir berharaga

kerajinantangan.blogspot.com
Gimana nih kawan kawan, sudah terinspirasi belum? ingat ya ternyata barang sepele di sekitar itu bisa dijadikan barang yang istimewa lho kawan kawan. Pokoknya kamu harus kreatif dan ulet gitu aja deh. Tetap Semangatttt.....


4. Kerajinan dari Eceng Gondok

Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. Akhir-akhir ini perkembangan tumbuhan air enceng gondok di perairan sungai, danau, hingga ke perairan payau sangat pesat. Sekilas tanaman enceng gondok tidak berguna. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, enceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai dan dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena enceng gondok terlalu banyak. Begitu pula bagi para masyakat disekitar pinggiran danau yang menganggap enceng gondok yang banyak didanau adalah penggau yang menghalangi aktivitas mereka di danau tersebut.

Kenyataan ini yang bisa menjadikan eceng gondok dianggap sebagai tanaman penggangu, tetapi bila kita jeli mencari peluang, maka tanaman eceng gondok sangat bermanfaat untuk memberikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan (handy craft). Seiring dengan perkembangan iptek, bagian tumbuhan eceng gondok setelah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas wanita yang cantik, kopor, sendal, keranjang (tempat pakaian bekas), tatakan gelas, tikar, nampan dan sebagainya. 


https://ayunasti.wordpress.com
Malah belakangan ini banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel den furniture, sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
Hingga saat ini sudah banyak daerah yang mampu mengembangkan kerajinan eceng gondok yang mempesona untuk pembuatan barang-barang kerajinan, mebel den furniture. Antara lain di Purbalingga, Dl Yogyakarta, sekitar Kota Solo, Cirebon, Lampung, Surabaya dan Bali. Bahkan sebagian barang-barang kerajinan eceng gondok dengan model dan kualitas tertentu, banyak diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat yang semakin gandrung dengan barang-barang produksi dari bahan-bahan alami.

Pembuatan handycraft dari bahan eceng gondok ini dibutuhkan proses yang cukup lama. Eceng gondok terlebih dahulu harus dikeringkan sekitar dua minggu. Setelah eceng gondok mengering lalu dibentuk kepangan panjang yang dilakukan warga dan kelompok perajin. Setelah berbentuk kepangan panjang, eceng-eceng tersebut dianyam menjadi barang yang diinginkan. Mulai dari pot bunga, tempat sampah, box tissue, tas, topi, perlengakapan dapur hingga furniture. Untuk lebih meningkatkan daya tarik pembeli, hasil anyaman tersebut ditambahakan cat pernis. Sehingga, tampilannya lebih mengkilap dan menarik.


5. Souvenir Unik dari Bahan Akrilik 

http://surabayaakrilik.id
Di era digital ini, kerajinan dari berbagai bahan yang bermunculan dengan desain, bahan, dan ciri khas yang berbeda beda. Ada yang menarik dan yang lagi Booming. Dari bahan akrilik berbagai souvenir pun dapat di buat. Seperti plakat wisuda untuk wisuda, plakat wedding untuk pernikahan. Akrilik sendiri seperti kaca namun lebih elastis, bentuk bisa sesuai permintaan dan harga pun terjangkau.

Beberapa contoh plakat atau souvenir dari bahan akrilik

http://surabayaakrilik.id
http://surabayaakrilik.id
Beberapa contoh akrilik yang dibentuk dengan laser. Unik kan kawan kawan, bisa sesuai permintaanmu dan awet pastinya karena berbahan seperti kaca namun elastis dan tidak mudah pecah.

(Baca juga :  https://www.apockdesign.com/2018/12/terbaru-penyakit-harga-teman.html)

Sekiranya itu tadi kawan kawan ku. Beberapa kerajinan yang unik di Era sekarang. Intinya jangan pernah putus asa, jangan pernah berhenti berkarya, karena sekarang yang terpenting  adalah Attitude dan Skill. 



Komentar (0)

Posting Komentar

Artikel