Sejarah Gaya Seni Ilustrasi WPAP

Sejarah Gaya Seni Ilustrasi WPAP - WPAP Merupakan gaya Seni Ilustrasi unik yang diciptakan oleh pemuda Indonesia, yang seharusnya kita sebagai anak Indonesia sendiri bangga memakai gaya seni WPAP ini. 


WPAP Sendiri singkatan dari Wedha Pop Art Potrait, yang dimana bersaling-silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus. Dimensi dari gambar yang di-trace (gambar ulang dengan acuan) tidak berubah, sehingga penampakan akhir dari objek yang di transformasi jelas dan menyerupai aslinya sehingga mudah dikenali. Teknik melukis ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid, seniman grafis asal Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun 1990. Awal kepopuleran WPAP adalah ketika digunakan untuk mengilustrasi cerita-cerita karya Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya di majalah Hai.

Biografi sang penemu gaya seni ilustrasi WPAP nih, biar kita tau ya penemunya.


Nama : Wedha Abdul Rasyid
Lahir  :  di Pekalongan, Jawa Tengah, 10 Maret 1951

Seniman grafis Indonesia. Ia dikenal sebagai pencipta aliran WPAP (Wedha's Pop Art Potrait) atau FMB (Foto Marak Berkotak), atas jasanya ini ia dijuluki bapak ilustrasi Indonesia.

Sudah kenal ya,, eh kenal mungkin belum tapi setidaknya kita mengenal bapak ilustrasi Indonesia ini, Bapak wedha yang jasanya bisa kita nikmati sampai sekarang ini guys.

Beberapa contoh hasil karya Bapak wedha yang disebut WPAP :

Unik kan ya kawan kawan, gaya seni ilustrasi Bapak wedha ini. Yuk kita juga berkarya, siapa tau kita menemukan gaya desain baru hehehe. Bangga jadi anak indonesia

(Baca juga : Biografi 8 Pelukis Indonesia
https://www.apockdesign.com/2019/01/biografi-8-pelukis-indonesia.html )

(Souvenir Unik Surabayahttp://surabayaakrilik.id/)


Related Post

2 komentar:

  1. Di mana kita bisa belajar gaya seni ilustrasi WPAP tsb ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next kami buatkan tutorialnya kak. Sementara kalau kakaknya mau belajar. Diyutub banyak kok hehe.

      Hapus

Cari Artikel