Tentang Karya Seni Plagiat

Tentang Karya Seni Plagiat

Hallo, Assalamualaikum kawan kawanku dimanapun berada, Banggakah kita dengan karya seni yang telah gita gembar gemborkan kemana mana, seolah olah buatan kita sendiri. Sedangkan sebenarnya kita tahu bahwasannya karya yang kita buat hampir 99% menjiplak karya orang lain yang ada di youtube, google yang jelas jelas ada watermark kepemilikan hak cipta. Namun tetap kita jiplak dengan dalih bisa dirubah warnanya, gaya desain dan beberapa ornamen di dalamnya.

Plagiarisme 


Didefinisikan sebagai tindakan mengambil pekerjaan orang lain dan teman teman sekalian mengakui bahwa itu hasil dari pekerjaan sendiri. Menambah karya orang lain dengan berbagai ornamen. Itupun tetap disebut plagiarisme

Patut diingat bahwa plagiarisme adalah ilegal jika memengaruhi hak kekayaan intelektual. Jika karya seni teman teman sekalian dilindungi oleh hak cipta atau merek dagang, sebagai pemilik hak cipta atau merek dagang itu dapat membawa seseorang ke pengadilan jika mereka ditemukan menjiplak karya. Jika seseorang diketahui telah menghasilkan banyak uang dari menjiplak karya berhak cipta, mereka dapat menemukan diri mereka menghadapi denda dan hukuman penjara yang serius.

Terinspirasi Oleh Karya Seni di Pameran


Tentu saja ketika datang di sebuah pameran. Entah itu pameran lukisan, patung atau karya seni lainnya. Pasti kita terinspirasi dan ingin mencoba hal yang serupa. Tidak apa apa bila kita ingin membuat hal serupa tetapi janganlah terang terangan sama persis dengan apa yang pernah teman teman lihat di Pameran Karya Seni

Jika memang ingin menjiplak karya seni seseorang. Ada perilaku yang harus dilakukan, yaitu dengan minta izin terlebih dahulu. Karena memang hak cipta / hak kepimilikan suatu karya seni dilindungi oleh undang - undang.

Karya Seni Memiliki Visi - Misi dan Maksut Tertentu


Sebuah karya seni pastinya memiliki maksut tertentu dan terkadang hanya si pembuat karya seni yang tahu maksutnya. Memiliki visi - misi tersendiri. Maka dari itu sangat tidak layak apabila kita menjiplak karya seni seseorang yang merupakan Hasil kerja payah seseorang.


Baca Juga : 


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel