Desain Ibukota Baru Milik Pemenang Sayembara PUPR

Maket layout plan desain ibukota baru Indonesia
Desain Ibukota Baru Milik Pemenang Sayembara PUPR - Hiruk pikuk ruwetnya jakarta sebagai kota metropolitan sekaligus Ibukota Indonesia saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita warga negara indonesia, rencana pemindahan Ibukota Indonesia oleh pak Presiden Jokowi di akhir tahun 2019 kemarin pun didukung dengan adanya berbagaimacam pembahasan dan salah satunya mengenai Sayembara Desain Ibukota baru oleh kementrian PUPR(Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) yang rencana nya akan ditempatkan di Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim).
dengan berbagai macam pertimbangan misalnya di Kalimantan Timut termasuk daerah yang minim resiko bencana, Lokasi strategis yang berada di tengah-tengah Indonesia, Ketersediaan beberapa lahan yang sudah dikuasai pemerintah, dan sebagainya.

Namun pada artikel kali ini Apock Design tidak membahas persoalan diatas, tapi akan menampilkan hasil pemenang desain sayembara Ibukota baru, dari 297 Peserta dari seluruh Indonesia dipilih 30 Terbaik dan diseleksi hingga tersisa 5 Besar, diantaranya adalah :

1. Juara Harapan II: Banua Rakyat
Konsepnya adalah parade kota formal monumental dengan perumahan berbasis kanal. Pemenang harapan II berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah sebesar Rp 250 juta.

2. Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa
Konsepnya adalah sumbu kota yang mencerminkan ruang linear dengan kehidupan masyarakat. Pemenang harapan I berhak mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp 500 juta. 



3. Juara III: Seribu Galur

Konsepnya adalah sumbu kota yang mencerminkan ruang linear dengan kehidupan masyarakat. Pemenang harapan I berhak mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp 500 juta. 

4. Juara II: The Infinite City
Konsepnya adalah elevated city network sebagai bagian dari pelestarian alam Indonesia dengan penekanan pada smart city living. Desain ini merupakan hasil karya Antistatics Architecture berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah senilai Rp 1,25 miliar. 



5. Juara I: Nagara Rimba Nusa

Konsepnya menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan serta memanfaatkan potensi sumber daya air sebagai bagian dari kehidupan. Sebagai pemenang pertama, desain Nagara Rimba Nusa yang dibuat oleh Urban+, berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp 2 miliar.


Sekian dari Apock Design tentang Desain Ibukota Baru Milik Pemenang Sayembara PUPR, Semoga Bermanfaat.

Follow Sosial Media Kami, spesialis sketsa wajah, vector art, desain grafis, merchandise :

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel