google-site-verification: google66af23cbba8d2856.html Pengertian Raster/Bitmap dalam dunia Grafis - Apock Design

Pengertian Raster/Bitmap dalam dunia Grafis

Source : seekacreative.co.nz
Pengertian Raster/Bitmap dalam dunia Grafis - sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang Raster/Bitmap, terlebih dahulu kita mengenal Istilah Pixel , kenapa harus mengerti Pixel dahulu? Ya karena Pixel merupakan satuan terkecil dalam salah satu satuan yang ada di komputer, contohnya dalam ukuran File kita kenal dengan Istilah Byte, Kilo Byte, Mega Byte dan seterusnya.

Nah Pixel tersebut merupakan satuan terkecil dalam sebuah File Gambar, makanya seringkali kita mengenal istilah Mega Pixel dalam resolusi kamera, maksudnya jika ada sebuah file gambar berukuran 1 Mega Pixel, maka gambar tersebut terdiri dari 1000 Pixel atau 1000 titik yang menyusun menjadi sebuah gambar, sehingga semakin besar Mega Pixel gambar, maka akan semakin bagus, karena pixel pada gambar tersebut akan semakin banyak dan rapat.

Baca Juga : Macam-macam Software berbasis Raster/Bitmap

Oke kembali ke Raster/Bitmap, kedua istilah tersebut dalam dunia grafis sering dijumpai dalam software berbasis Raster/Bitmap seperti Adobe Photoshop, Gimp, Corel Photopaint, Paint Tool Sai, dsb. karena software tersebut berbasis Raster, maka pada dasarnya software tersebut menggunakan Pixel sebagai satuannya. sehingga kebanyakan tool nya akan memiliki efek untuk memanipulasi foto, Brush, dan efek-efek lainnya yang bertujuan untuk mengedit File Foto, berbeda dengan Software berbasis Vector yang fokus untuk menggambar dan Ilustrasi.

Contoh penampakan Pixel pada Software Adobe Photoshop :

Pixel pada software Raster akan muncul ketika kita mencoba zoom hingga ke tingkat maksimal.
Sebelum di Zoom
Pixel terlihat pada Zoom 3200x
Pada umumnya, ukuran zoom setiap file berbeda-beda tergantung resolusi dan ukuran File, dan semakin besar resolusi file akan memudahkan proses mendesain seperti crop, pengaturan brightnes, contras, saturation, dsb.

File yang dihasilkan software berbasis Raster relatif besar, tapi tergantung juga penggunaan setting resolusi pada awal mendesain, misalnya kita mendesain dengan resolusi 100Dpi, maka file yang dihasilkan akan lebih kecil daripada yang kita desain dengan resolusi 300Dpi.

Baca Juga : Pengertian Resolusi dalam dunia Grafis

Maka yang harus dipersiapkan adalah Spesifikasi komputer yang memadai untuk Desain Grafis, terutama yang cocok untuk software Raster. sekian dari Apock Design tentang Pengertian Raster/Bitmap dalam dunia Grafis, Semoga Bermanfaat.

Follow Sosial Media Kami, spesialis sketsa wajah, vector art, desain grafis, merchandise :

Artikel