Manfaat Seni Bagi Pikiran dan Tubuh

Manfaat Seni Bagi Pikiran dan Tubuh
graffiti-little-boy-granada-art


Kita ini sering bertanya-tanya, apasih gunanya seni. Bukan jiwa ku seni, bla bla bla dan anggapan yang lainnya. Mengapa ada orang yang mau membelanjakan uang hasil jerih payahnya di museum atau ke tempat lain? Pasti ada alasan mengapa kami berevolusi untuk menghargai seni. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa secara aktif menjadi kreatif memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Faktanya, bukti menunjukkan bahwa komunitas terkuat adalah komunitas yang mendukung seniman lokal mereka. Terlibat dalam seni, apakah itu seni visual, musik, tarian, atau apa pun, sangat penting untuk kesejahteraan kita. 


Manfaat Seni Bagi Pikiran dan Tubuh ~ Berikut adalah lima dampak positif seni terhadap kehidupan kita sehari-hari:

1. Mengurangi Rasa Stres

Setiap hari stres adalah normal, tetapi penting untuk istirahat sekarang dan kemudian untuk mencegah jadwal sibuk berubah menjadi stres kronis yang dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Cara yang bagus untuk memecah rutinitas Anda adalah menggabungkan beberapa jenis seni ke dalam hari Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa istirahat singkat sepuluh menit sekali sehari dapat mengurangi tingkat stres Anda secara keseluruhan. Terus dibombardir dengan informasi dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Sebaliknya, persembahkan beberapa menit untuk menciptakan sesuatu.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif / Mencegah Alzheimer

Ilmu otak telah meningkat secara eksponensial dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu penemuan baru yang menarik adalah konsep neuroplastisitas, kemampuan otak untuk membentuk kembali dirinya sendiri dan membentuk koneksi neuron baru saat kita menyerap informasi baru. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan neuroplastisitas adalah dengan berpikir kreatif, dan cara apa yang lebih baik untuk melakukannya daripada berlatih instrumen, melukis gambar, atau mempelajari gerakan tarian baru. Neuroplastisitas telah terbukti aktif mencegah degenerasi sel-sel otak yang menyebabkan Alzheimer, demensia, dan penyakit kognitif lainnya. Mungkin juga pemikiran kreatif dan terapi seni dapat membalikkan perilaku pasien PTSD dan bipolar.

3. Meningkatkan Mood Anda

Kita semua merasakan kebanggaan karena menciptakan sesuatu yang kita miliki. Tindakan memproduksi seni melepaskan bahan kimia yang terasa enak seperti dopamin dan serotonin. Banyak penyakit mental melibatkan zat-zat kimia otak esensial dalam jumlah yang tidak teratur ini, menghasilkan hal-hal seperti depresi atau kecemasan. Terapi seni telah menunjukkan hasil yang luar biasa dalam meningkatkan suasana hati dan perilaku. Sebagai contoh, penelitian ini menunjukkan bahwa terapi seni efektif untuk mengurangi gejala depresi pada tahanan penjara dibandingkan dengan jenis terapi konvensional lainnya.

4. Rehabilitasi Fisik

Banyak profesional mulai melihat manfaat seni di bidang medis. Padahal sebelumnya, seni dilihat sebagai pengobatan alternatif, sekarang orang menyadari bukti ilmiah dan nyata di baliknya dan mengapa itu berhasil. Secara keseluruhan, ketika seni ditambahkan ke dalam program rehabilitasi untuk cedera, kecanduan, dan pemulihan fisik, dokter melaporkan pengurangan luas dalam berbagai gejala termasuk rasa sakit, kecemasan, dan ketidaknyamanan.

5. Meningkatkan Pengobatan Kanker

Sebuah studi tentang terapi seni berbasis kesadaran menunjukkan secara signifikan mengurangi tekanan dan tanda-tanda vital yang lebih baik pada pasien kanker. Studi lain menunjukkan hasil yang serupa, dengan penurunan depresi dan kelelahan pada pasien kanker selama kemoterapi. Sebagian besar dari kita akrab dengan efek kanker yang menghancurkan dan perawatan yang melumpuhkan yang digunakan untuk melawannya. Terapi seni, terutama dalam kelompok, dapat memiliki dampak besar pada kualitas hidup pasien, dan itu dapat membuat perbedaan besar dalam perawatan.

Minat ? Klik Aja
Beberapa Manfaat Seni diatas, semoga bermanfaat. Ingat ya Sahabat/i, ada seni menajubkan disekelilingmu, keindahan seperti gunung, laut dan pemandangan lainnya  dibuat Allah Azza Wa jalla. Itu adalah Seni yang luar biasa dan tidak mungkin bisa diciptakan manusia. Maka dari itu syukuri setiap seni yang bisa dirasakan, dilihat secara cuma cuma. Seni adalah obat bagi jiwa kita.

(Baca Juga : https://www.apockdesign.com/2019/01/kembangkan-ide-kreatifmu-dengan-5.html)


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel