Macam macam software desain grafis dan penggunaanya


Macam macam software desain grafis dan penggunaanya - dari tahun ke tahun software grafis selalu memiliki perubahan sejalan dengan berkembangnya teknologi, yang dulunya software grafis hanya mengandalkan mouse dan keyboard sebagai alat gambarnya, sekarang beralih ke pen tablet dan touch screen sebagai device untuk menggambar.

Baca Juga : 7 Elemen penting dalam Desain Grafis

kalau bicara tentang software grafis juga tidak terlepas dari tujuan penggunaannya, seperti software pembuat desain poster dan software pembuat desain rumah pasti beda. berikut diantara Macam macam software desain grafis dan penggunaanya berdasarkan yang sering dipakai :

1. Adobe Photoshop
image source : google
Adobe Photoshop adalah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc. yang mempunyai fungsi sebagai software edit gambar dan manipulasi foto, secara umum software ini banyak digunakan oleh digital printing dan fotografer untuk keperluan pekerjaannya sehari-hari.
software Adobe Photoshop ini bertipe Raster/Bitmap, untuk yang belum tahu apa itu Raster/Bitmap bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya : Pengertian Raster/Bitmap dalam dunia Grafis. yang membuat komputer pengguna sedikit lebih berat dibandingkan dengan software yang menggunakan tipe Vector.

2. Adobe Illustrator
image source : google
Yang kedua masih dalam naungan Adobe Inc. adalah Adobe Illustrator, kalau software satu ini khusus menggambar dan membuat illustrasi, dan cocok untuk desainer yang bergerak di bidang ilustrasi dan pembuat karakter.
untuk software Illustrator ini termasuk bertipe Vector, namun kebanyakan tools nya masih sama fungsinya dengan Adobe Photoshop atau Adobe lainnya.

3. Corel Draw
image source : google
Seperti nama yang mengaitkan kata "Draw", Software Corel Draw ini berfungsi untuk menggambar dan membuat illustrasi, yaitu sama seperti Adobe Illustrator, namun Software Corel Draw ini mempunyai beberapa kelebihan menurut saya yaitu ringan dan file yang dihasilkan pun tidak begitu besar, sehingga tidak terlalu memakan Drive penyimpanan.
Untuk software Corel Draw ini termasuk bertipe Vector. yang mempunyai tools yang mudah dan cukup halus untuk mendesain/menggambar. versi terbaru dari software ini juga mendukung tools untuk pen dan touch, jadi kalau laptop/komputer sudah memakai sistem touch maka corel draw akan menyesuaikan dengan otomatis.

4. AutoCAD
image source : google
Kalau ini khusus buat kalian yang mempunyai pekerjaan di bidang Teknik, seperti Arsitektur, Sipil, Kapal, Mesin dll. karena software Autocad ini berfunsi untuk membuat gambar teknik seperti Blueprint, Gambar denah bangunan, potongan, dan gambar kerja lapangan lainnya untuk keperluan Teknik.
Software ini bertipe Vector. tapi lebih dominan untuk membuat garis dan ukuran, dan tidak cocok untuk mewarnai dan membuat objek ilustrasi.

5. Google SketchUp
image source : google
Terakhir yaitu yang sering disebut SketchUp, yaitu software grafis yang berfungsi untuk membuat 3D modeling, seperti Bangunan, Rumah, Product, Karakter, dll. tapi kebanyakan digunakan untuk membuat rumah dan bangunan.
Software ini dikembangkan oleh Trimble Inc, yang dinaungi oleh Google. software ini cukup ringan dan cukup mudah penggunaannya.

Itulah Macam macam software desain grafis dan penggunaanya yang sering digunakan menurut versi Apock Design. semoga bermanfaat.

Follow Sosial Media Kami, spesialis sketsa wajah, vector art, desain grafis, merchandise :

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel