7 Tren desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui

7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
Source : Google images
7 Tren desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui- Desain grafis atau desain komunikasi visual sering mengalami perubahan gaya sesuai dengan perkembangan zaman, agar tidak terkesan monoton dari tahun-ke tahun juga karena menyesuaikan atau beradaptasi dengan aplikasi dan teknologi media untuk mendesain dan menggambar. di tahun 2020 ini para desainer grafis juga berinovasi dalam membuat style khusus untuk tahun ini.

Dalam menghadapi perkembangan tren desain yang terus berkembang, Seorang desainer tentunya harus bisa melihat desain yang sedang booming saat ini agar produk atau bisnisnya dapat sejalan dengan minat orang-orang di dunia.

Berikut adalah 7 Tren desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui versi Apock Design :

1. Monokrom dan warna yang kontras
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
"person holding black point-and-shoot camera" Photo by Matias Wong on Unsplash
Penggunaan warna monokrom dan kontras atau memadukan antara 2 warna menjadi tren pertama di tahun 2020, penggunaan warna cenderung cerah dan tegas, sehingga memberi kesan kuat pada produk.

kebanyakan pengguna sosmed seperti instagram pasti juga tidak asing dengan Filter warna duotone yang banyak digunakan pada foto atau elemen parsial dalam komposisi grafik. Penggunaan filter ini tentunya melibatkan warna-warna yang cenderung cerah dan kontras satu sama lainnya.

2. Typografi unik dan custom
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
"National Museum of Iceland" Pict by Siggi Odds on Behance
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya penggunaan tipografi masih menjadi sebuah hal yang penting dalam sebuah desain grafis. Demi menciptakan komposisi yang lebih modern dan inovatif, desainer akan lebih banyak menggunakan tipografi khusus yang dipersonalisasi. Tren ini diperkirakan akan berkembang di tahun 2020. 

disamping penggunaan font custom pada desain, juga mengacu kepada harga lisensi sebuah font yang semakin mahal, maka untuk memenuhi kebutuhan pasar dan perusahaan yang dalam hal ini biasa dilakukan oleh desainer logo, maka font custom sangat berpengaruh dalam originalitas sebuah karya.


3. Desain Geometrik
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
Pict by ifourdezign on Behance
Sebagai salah satu elemen dasar dari desain grafis, garis juga dapat mengekspresikan bentuk dan sifat dari sebuah objek. Garis-garis geometris menggambarkan benda yang dibuat oleh manusia dan teknologi, sedangkan garis lengkung menggambarkan bentuk yang alami. Pada tahun 2020 ini perpaduan dari kedua garis tersebut sehingga dapat menciptakan sebuah bentuk yang indah yang terlihat tidak nyata atau tidak mungkin. Para desainer menggabungkan kedua bentuk garis-garis geometri tersebut untuk menciptakan desain yang futuristik dan misterius. Desain seperti ini akan populer pada tahun 2020.

4. Simplified illustrations
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
"for Animals vegan bar" Picy by Baranovskaya Sasha on Behance
Pada awal tahun 2020 sering kita jumpai pada iklan produk di website, minuman, dan ilustrasi aplikasi pemutar musik online menggunakan ilustrasi bertema simpel yang terkesan sederhana dan kekanak-kanakan.

Ilustrasi yang simpel atau sederhana memungkinkan desainer untuk lebih fokus terhadap pesan yang disampaikan bukan pada seni atau gambar yang ada pada karya tersebut. Pada tahun 2020, ilustrasi yang digunakan akan lebih menjurus pada ilustrasi sederhana, sama, dan bahkan terlihat kekanak-kanakan.

5. Collages of Drawings and Photos
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
"Social Medial l Colapa" Pict by Alejandro Orbe on Behance
Tren yang cukup menarik dan kreatif yang akan mulai banyak digunakan pada tahun 2020 adalah kombinasi foto dan gambar atau doodle. Doodling telah mulai menjadi sebuah tren yang menyenangkan di dunia ilustrasi bahkan jauh sebelum menjadi sebuah tren seperti sekarang ini. Bisa kita ingat saat dulu masih berada di bangku sekolah kita sering mencorat-coret notebook atau buku pelajaran dengan gambar-gambar doodle, mungkin saja terinspirasi dari hal tersebut. 


6. Animasi yang berkelanjutan
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
Pict on Behance
Animasi pada tahun 2020 adalah hal yang harus dilakukan, karena animasi adalah salah satu cara paling ampuh untuk melakukan pemasaran terhadap brand atau produk dan menjadi semakin umum dalam dunia online. Lalu animasi seperti apa yang akan menjadi tren pada tahun 2020?

Animasi looping atau animasi yang berkelanjutan tanpa henti, adalah animasi yang akan mejadi salah satu tren yang  pada tahun 2020. Animasi jenis ini memiliki transisi yang sangat halus pada setiap adegan secara rela-time dari semua elemen-elemen yang ada pada frame tersebut. Hal ini berguna untuk membawa audience seolah-olah mereka ikut dalam dalam animasi tersebut dan berada di dalam dunia animasi tersebut secara nyata. Animasi seperti itu akan membuat audience fokus terhadap pesan dalam animasi tersebut dan secara terus-menerus mengulanginya.

7. Vintage Illustrations
7 Gaya desain Grafis Tahun 2020 Yang Harus Kamu ketahui - Apock Design
"Winchester Condensed Font" Pict by Cheap Premium Graphic Resources on Behance
sama seperti tahun sebelumnya, gaya vintage sepertinya masih menjadi tren desain grafis di tahun 2020. Percaya atau tidak, sulit melupakan tren tahun 50-an yang luar bisa dan tren berikut ini dapat membuktikannya. Tahun 50-an adalah sumber bagi para desainer, yaitu gaya vintage. Ilustrasi tinta dengan warna yang hangat dan bersahaja serta di gambar dengan tangan, hal ini diimplementasikan kembali oleh desainer saat ini pada desai web maupun grafis. Tampaknya pada tahun 2020, kita akan mengalami ledakan dari masa lalu. 

Illustrasi dengan nuansa cat air dan gambar tangan seperti ini bisa kalian terapkan pada karya atau produk yang kalian miliki. Carilah cara untuk mengintegrasikan keduanya untuk membuat  sebuahdesain atau karya yang segar atau sesuai dengan tren saat ini. Salah satu ciri dari gaya vintage ini adalah elem-elemen artistik dan digambar tangan, tentunya masih tetap menggunakan telnologi digital untuk membuatnya.


source : gamelab.id

Follow Sosial Media Kami, spesialis sketsa wajah, vector art, desain grafis, merchandise :
Youtube : Apock Design

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel